Polairud Polda Banten Kerahkan Personel Bersihkan Sampah di Pantai Anyer

banner 468x60


Personel Ditpolairud Polda Banten membersihkan sampah di pesisir pantai Bandulu. (Foto : Gilang)

SERANG – Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada hari ini disemarakkan Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Banten untuk menggelar aksi bersih-bersih sampah di sekitar pantai Bandulu, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang.

Dibantu aparat TNI dan masyarakat, aksi di sepanjang dua kilometer di pesisir pantai itu berhasil mengumpulkan sekira 1,647 ton sampah.

“Tujuan kita pertama untuk membersihkan sampah di pesisir, tapi lebih fokus lagi pada sampah-sampah plastik yang tidak bisa terurai,” kata Direktur Polairud Polda Banten, Kombes Nunung Syaifuddin kepada wartawan, Kamis (21/2/2019).

Jenis sampah yang berhasil dikumpulkan bervariasi, terdiri dari plastik, kayu hingga dedaunan yang mengotori pesisir laut di sepanjang ruas yang sempat diterjang tsunami Selat Sunda pada Desember tahun lalu itu. “Anyer ini merupakan salah satu wilayah yang terdampak tsunami, dan kunjungan ke wilayah Anyer-Carita menurun drastis (pasca tsunami),” ujarnya.

Bersih-bersih juga dilakukan hingga ke bawah laut di sekitar Pulau Sangiang. Ditpolairud bahkan mengerahkan tim penyelam untuk mengangkut sampah plastik di sekitar pulau tersebut. “Ada satu tim penyelam yang kita kerahkan ke laut Pulau Sangiang,” tandasnya. (dev/red)



Source link

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
author
Penulis: