Provinsi Banten Dinilai Layak Jadi Tuan Rumah PON

Tidak ada komentar 2 views
banner 468x60


SERANG, (KB).- Provinsi Banten dinilai telah layak untuk dapat menjadi penyelenggara event empat tahunan olah raga berskala nasional, Pekan Olah raga Nasional (PON). Hal tersebut karena Banten telah memiliki sejumlah sarana olah raga berskala nasional hingga internasional, serta didukung dengan sumber daya manusia yang baik di bidang olah raga.

Hal tersebut diungkapkan Plt Sekretaris Jenderal Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Nanang Djuana Priadi, usai menghadiri Rapat Anggota Tahunan KONI Banten di salah satu hotel di Kota Serang, Sabtu (16/3/2019).

Ia mengatakan, Banten sudah layak jika ingin menjadi tuan rumah PON. “Untuk PON XXI kan sudah ditetapkan tuan rumahnya di Aceh dan Sumatera Barat. Nah jika untuk PON XXII itu belum, ya Banten ajukan saja menjadi tuan rumah nanti kan ada prosesnya,” ujarnya kepada Kabar Banten.

Tak hanya itu, kata dia, Banten secara SDM pun telah mumpuni karena atlet-atletnya telah mampu menyumbangkan prestasi terbaik untuk Indonesia. Bahkan, pada Asian Games beberapa waktu lalu, atlet Banten menyumbangkan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu untuk Indonesia.

“Syarat untuk jadi tuan rumah PON itu, yang jelas fasilitas untuk menyelenggarakan multi event tersebut. Kan venue itu contohnya saja ada 40 cabor, ya bisa tidak suatu daerah menyelenggarakan 40 cabor itu. Jika memang Banten bisa, kenapa tidak. Kan itu juga masih 8 tahun yang akan datang. Daerah di luar Jawa saja bisa, kenapa Banten yang dekat Jakarta tidak bisa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengatakan, untuk menjadi tuan rumah PON XXII 2028 nanti bergantung perkembangan pembangunan sport center yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Ia mengaku senang jika Banten dapat berkesempatan untuk menjadi tuan rumah PON.

“Siapa tahu setelah dari (PON) Aceh nanti venue kita sudah jadi, ya pas mau open bidding (tuan rumah PON XXII) venue kita sudah siap, jadi kita ajukan saja. Meskipun dengan fasilitas yang ada saat ini beberapa daerah, seperti Tangerang Raya, sebenarnya kita sudah siap. Hanya tinggal stadion utamanya saja, itu kan yang nanti ada di sport center. Jika itu sudah jadi (sport center) ya kita pengen mengajukan tuan rumah PON,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) Banten Deden Apriandhi optimistis jika PON XXII 2028 Banten dapat menjadi tuan. Alasannya, saat ini Gubernur Banten Wahidin Halim sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan pembangunan sport center yang dijadwalkan rampung 3 tahun.

“Itu kan artinya, jika PON XXII masih 9 tahun ke depan, ya saya rasa kemungkinan untuk menjadi tuan rumah PON sangat besar. Karena fasilitasnya sudah ada. Sport center itu kan nanti standar internasional, walaupun belum sebesar di Jakabaring,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Pemprov Banten tentu saja memiliki semangat yang sama untuk menjadi tuan rumah PON, salah satu bentuknya berupa pembangunana sport center. “Itu kan suatu bentuk komitmen Pemda, agar Banten bisa menjadi tuan rumah PON,” tuturnya. (YA)*



Source link

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
author
Penulis: