Tips Supaya Kamu Tak Mudah Tersinggung dan Punya Hati yang Tenang

banner 468x60


Ilustrasi – foto istimewa IDN Times

Memiliki sisi sensitif yang cukup tinggi adalah hal yang wajar jika kamu merasa tersinggung dengan tindakan, perbuatan, atau ucapan orang lain yang tidak kamu sukai.

Akan tetapi, hal tersebut menjadi tidak wajar ketika kamu begitu mudah tersinggung, bahkan karena hal-hal sepele sekalipun. Mudah tersinggung akan menyebabkan pikiran kita dipenuhi oleh hal-hal negatif yang justru akan membuat hati kita tidak tenang. Hati yang tidak tenang akan membuat kita jauh dari rasa bahagia.

Berikut beberapa tips yang perlu diterapkan agar kamu tidak mudah tersinggung, semoga membantu!

1. Belajarlah memahami karakter orang-orang di sekitarmu

Sering kali yang menjadi penyebab utama kamu tersinggung adalah orang-orang di sekitarmu, bisa saja rekan kerjamu, teman-temanmu, bahkan keluargamu. Oleh karena itu, kamu perlu belajar memahami karakter orang-orang di sekitarmu. Jika kamu sudah memahami karakter mereka, akan mudah bagimu memahami kenapa mereka bersikap, bertindak, atau berucap tak menyenangkan kepadamu. Sehingga kamu tak akan ambil hati atas tindakan mereka.

 Oh..ya sudahlah, dia memang seperti itu!, ngapain diambil hati, buang-buang waktu saja. Jika kamu sudah tahu bahwa orang tersebut suka bercanda, di setiap kondisi kamu akan berusaha memahami bahwa orang tersebut hanya bercanda, jadi kamu tidak akan tersinggung. Poinnya adalah “jika kamu ingin dipahami oleh orang lain, kamu juga harus bisa memahami orang lain.”

2. Belajarlah untuk selalu berpikir positif

Prasangka dan pikiran negatiflah yang membuatmu mudah tersinggung. Kamu terlalu cepat mengambil kesimpulan buruk tentang tindakan seseorang yang menurutmu tidak semestinya, yang justru akan membuat hatimu terbelenggu oleh rasa marah, kesal, dongkol, dan perasaan tersinggung.

Oleh karena itu, ada baiknya di setiap kondisi dan keadaan, kamu selalu mengutamakan positive thinking. Selalu berpikir positif adalah salah satu cara agar kamu mendapatkan ketenangan hati dalam hidup. Saat seseorang melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan kepadamu, alihkan pikiranmu ke arah positif. Mungkin saja orang tersebut tidak bermaksud seperti apa yang kamu pikirkan. Mungkin saja orang tersebut hanya berniat bercanda saja.

3. Belajarlah melihat dari sudut pandang orang lain

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menyikapi suatu hal. Ketika kamu merasa tersinggung oleh tindakan orang lain, posisikan dirimu sebagai orang tersebut. Berdasarkan sudut pandang si pelaku, mungkin menurutnya hal yang dilakukannya kepadamu merupakan sesuatu yang biasa saja, bukan sesuatu hal yang akan membuatmu tersinggung, hanya saja kamu yang terlalu sensitif. Lihatlah dari kacamata orang lain! Dengan demikian, kamu akan bisa bersikap biasa saja, tanpa ada perasaan tersinggung.

4. Belajarlah meningkatkan kesabaran

Seseorang yang memiliki kesabaran yang tinggi takkan mudah tersinggung oleh hal-hal sepele, bahkan hal-hal yang sangat menyakiti sekalipun. Orang yang sabar memiliki hati yang sangat lapang, tak ada tempat di hatinya untuk menyimpan perasaan marah, kesal, dongkol, ataupun rasa tersinggung. Oleh karena itu, latihlah dirimu untuk terus meningkatkan rasa sabar.

5. Perbaiki hubunganmu dengan Sang Pencipta

Ketika kamu memperbaiki hubunganmu dengan Sang Pencipta, maka Dia juga akan memperbaiki hubunganmu dengan manusia. Selama ini kamu mungkin masih lalai dalam beribadah kepada-Nya, maka perbaikilah ibadahmu. Selama ini kamu mungkin masih abai akan larangan-larangan-Nya, maka jauhilah segala larangan-Nya.

Mintalah kepada-Nya agar kamu diberikan hati yang lapang dan diluaskan rasa sabarmu. Dengan lebih mendekatkan diri kepada-Nya, niscaya hatimu akan jauh lebih tenang, jauh dari prasangka, dan pikiran negatif. Dengan perasaan tenang yang kamu dapatkan, kamu akan menjadi pribadi yang tidak akan mudah tersinggung. (Red)

Sumber : IDN Times



Source link

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
author
Penulis: