Unik, Anggota KPPS di Neroktog Pinang Pakai Seragam Murid SD

banner 468x60


Ada yang unik pada proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, pasalnya salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tangerang menggunakan busana berbeda dengan TPS lainnya.

TPS tersebut berada di Kelurahan Neroktog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Dimana, para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari TPS 07 dan 08 menggunakan baju seragam anak Sekolah Dasar (SD).

Maman, Ketua KPPS TPS 07 mengatakan, konsep tersebut dipilih untuk memperkenalkan proses pemilihan umum sejak dini kepada para pelajar tingkat SD.

“Tema ini tujuannya untuk memperkenalkan kepada murid-murid usia SD terkait masalah pemilu. Jadi kita pakai seperti ini nih memperkenalkan kepada anak-anak usia dini terkait pemilu,” ujarnya, Rabu (17/04/2019).

Maman menjelaskan, walaupun pelajar SD belum mendapatkan hak pilih, menurut dirinya pendidikan Pemilu harus diberikan sejak dini. Hal itu dilakukan agar meningtingkat partisipasi masyarakat di masa depan dapat menjadi lebih baik.

“Toh selama ini kita hanya tahunya Pemilu kepada remaja dan lansia, karena jika dari SD mereka sudah paham, maka nanti akan antusias saat sudah memperoleh hak pilih,” jelasnya.

Ditanya perihal kemauan dari para anggota KPPS saat diminta menggunakan seragam SD, Kata Maman seluruh anggota KPPS antusias dan mau menggunakan seragam SD meski ada pula yang sudah berusia separuh baya.

“Ada 232 Daftar Pemilih Tetap di TPS 07, jam 10.18 WIB sudah ada 170 orang yang hadir dan melakukan pencoblosan, jadi dengan seragam ini alhamdulillah sangat meningkat antusias warga,” jelasnya.

Sementara itu, Rinawati ibu rumah tangga atau salah satu warga yang akan menggunakan hak suaranya mengaku penasaran dengan TPS 07 tersebut.

“Tadinya engga mau nyoblos soalnya lagi ribet dirumah, tapi pas denger katanya pada pake baju SD, jadi pengen liat, dari pada liat doang mending sekalian nyoblos,” tuturnya. (Amd)



Source link

Pencarian Terkait

Email Autoresponder indonesia
author
Penulis: